BOTHOK MERCON IKAN PATIN KHAS SRAGEN

Botok - Cara membuat botok mercon ikan patin khas Sragen, sesuai namanya botok "mercon" rasa cabai yang pedas membuat telinga panas itulah botok mercon yang pedas-nya meledak ledak di mulut, telinga ikut panas, apalagi  perut rasanya seperti terbakar walaupun ada juga oseng oseng mercon tapi dengan bungkusan daun pisang ini membuat rasa botok mercon tampil beda lebih harum, gurih dan pastinya pedas makin nendang. Untuk membuat botok mercon ini sebenarnya sederhana saja dan bahan-nya mudah di dapat, cuma kalau anda di kota daun pisang mungkin agak susah di dapat, karena daun pisang inilah sehingga namanya botok, kalau tidak pakai daun pisang nanti namanya oseng oseng.

Untuk mendapatkan rasa yang original jika kebetulan anda jalan jalan melewati kota Sragen silakan mampir di warung-nya bu Tumiyem Tepatnya di sebuah warung kecil di dusun Tenggak, Desa Nglombo, Kecamatan Sidoharjo. Telah 30 tahun lebih warung kecil yang berdiri di dekat jembatan Nggawan ini setia dengan menu tunggalnya yakni bothok mercon. Namun baru sekitar 4 tahunan ini warung milik Wiro Admojo dan Tumiyem mulai ramai dikunjungi pelanggan. Menurut pengakuannya, sejak diberi nama Warung Bothok Mercon sekitar tujuh tahun lalu, warungnya mulai  ramai didatangi pelanggan dari berbagai daerah. Semula pelanggannya hanya berasal dari penduduk sekitar. “Sejak diberi nama Mercon, banyak yang penasaran dan ingin mencoba mencicipinya”

Cara membuat botok mercon ikan patin khas SragenUntuk memberikan citarasa yang sangat pedas, untuk empat kilo gram ikan patin dibumbui lombok sebesar 1 kilogram. Dalam satu hari ia membutuhkan kurang lebih 4 kilogram lombok, karena setiap harinya ia menghabiskan minimal 16 kilogram ikan patin untuk diolah menjadi bothok. Setiap kilogram ikan patin dapat diolah menjadi 9 bungkus. Sehingga dalam satu hari rata-rata ia dapat menyajikan 144 bungkus. Sejak berdiri hingga sekarang, setiap harinya bothok merconnya selalu habis. Penasaran ya dengan botok mercon ikan patin ini? mari kita coba bikin sendiri....

Cara Membuat Botok Mercon Ikan Patin Khas Sragen
Dibawah ini adalah resep botok mercon ikan Patin ukuran srandar, jika anda membuat kurang dari atau lebih banyak sesuaikan sendiri;
★ 2 ekor (900 gram) ikan patin, masing-masing dipotong 4 bagian
★ 1 sendok teh air asam jawa
★ 1/2 sendok teh garam
★ 8 buah cabai rawit oranye
★ 2 cm lengkuas, dimemarkan
★ Daun pisang yang masih segar di hangatkan atau di jemur agar lembek dan mudah di lipat untuk membungkus.

Bumbu Halus:
★ 8 butir bawang merah
★ 5 siung bawang putih
★ 7 buah cabai rawit
★ 5 buah cabai merah keriting
★ 2 buah tomat merah
★ 2 butir kemiri, disangrai
★ 1 batang serai, diambil putihnya
★ 1 cm kunyit, dibakar
★ 1/2 sendok makan garam
★ 1 sendok teh gula pasir

Cara memasak Botok Mercon Ikan Patin. 
★ Silakan lumuri ikan patin dengan air asam jawa dan garam. Diamkan sekitar 10 menit.
★ Kemudian Aduk rata bumbu halus, cabai rawit, dan lengkuas. Tambahkan ikan patin dan  Aduk rata lagi.
★ Ambil dua lembar daun pisang. Letakkan satu potong ikan patin bersama bumbunya, Sematkan lidi atau steples
★ Kukus 50 menit di atas api sedang sampai matang dan meresap hingga tercium aroma ikan dan pedasnya menusuk hidung.
★ Terakhir sajikan dengan cara letakan botok bersama daun pisangnya di atas piring kemudian buka dan ambilah nasi langsung taruh di atasnya siap di santap.

Itulah Cara membuat botok mercon ikan patin khas Sragen, untuk menambah selera makan siapkan minuman es teh manis, atau jika anda sudah lanjut usia bisa juga teh manis hangat.

Tag : Bahan Bumbu Botok Mercon, Botok Mercon Lezat dan Enak, Cara Memasak Botok Mercon, Cara membuat Botok Mercon Spesial, Hidangan Pelengkap Botok Mercon, Menu Botok Mercon Sehat Resep Pelengkap, Resep Botok Mercon Spesial, Botok Mercon Ikan Patin Khas Sragen.

Sumber : http://resep-masak-terbaru.blogspot.com/
              http://www.sragenkab.go.id/
Advertisement
BOTHOK MERCON IKAN PATIN KHAS SRAGEN


Buka Komentar