Lewat Kota Solo, Jangan Lupa Kulinernya

Wisata Kuliner Solo - Jika anda kebetulan jalan jalan dan melewati kota Solo, jangan lupa kuliner-nya. Kota dengan julukan "Spirit Of Java"  terletak di jawa tengah bagian timur, tempat wisata-nya kalau dalam kota ada keraton Surakarta di sana anda boleh masuk dengan hanya membayar Rp10.000 melihat benda kono di museum yang merupakan peninggalan para raja surakarta, seperti pusaka dan kereta kencana. Selain keraton anda juga bisa singgah dan sekedar bersantai di taman Balekambang yang terletak di jl Ahmad Yani. Taman Balekambang dibagi menjadi dua bagian, yaitu Taman Air Partini yang digunakan untuk permainan perahu, dan Hutan Partinah yang mempunyai koleksi berbagai jenis tanaman langka. Taman Balekambang mulai difungsikan sebagai taman rekreasi dan edukasi sejak tahun 2008, luas sekitar 10 hektar.

Setelah anda capek jalan jalan di kota Solo pastinya perut mulai lapar, yuk..kita lihat kuliner apa saja yang ada di kota Surakarta (Solo) di bawah ini saya sajikan 10 tempat makanan di kota Solo yang murah dan enak...

Memburu Kuliner Khas Kota Surakarta (Solo)

1. Sate Buntel Mbok Galak
Sate buntel mbok galak ini cukup terkenal, sebagaimana warung sate umumnya yang ada di kota Solo di sini menyediakan berbagai olahan daging kambing seperti Tengkleng, Tongseng dan Gule. Menurut penjualnya yang paling cepat habis adalah tengkleng, diikuti tongseng dan sate, lalu gule yang nota bene jerohan campur sari iso babat dll. Sate Buntel adalah daging kambing cincang yang “dibuntel” atau dibungkus dengan lemak kambing. Sate ini kemudian dibakar layaknya sate pada umumnya.

Sumber : https://rynari.wordpress.com

Lokasi tepatnya di Jl Ki Mangun Sarkoro No 122 di sekitar kampus UTP daerah Sumber, dari arah Semarang belok ke kiri setelah Manahan atau arah Purwodadi dari terminal bus Gilingan Solo. Buka sejak jam 6 pagi hingga jam 4 sore.

2. Suasana Malam Kota Solo di Wedangan Pendhopo.
Sambil jalan jalan sebaiknya anda jangan melewatkan sajian khas kuliner Solo, jika kebetulan malam malam melewati jalan Srigading disitu ada Wedangan Pendopo tepatnya di Jl Srigading no. 7 Turisari. Wedangan Pendhopo tak hanya terkenal dengan makanannya, tapi juga tata ruangnya yang unik dan klasik. Di setiap sudut Wedangan Pendhopo dihiasi pernak-pernik antik bernilai seni tinggi. Cocok dinikmati sambil bersantai menikmati secangkir jahe panas dan aneka panganan tradisional.


3. Gudeg Ceker MargoYudan Bu Kasno
Walaupun gudeg khas kota Yogyakarta, di kota solo juga bertebaran warung gudeg salah satunya Gudeg Ceker MargoYudan, Warung bu Kasno ini  terletak di Jalan Monginsidi, tepatnya di sebelah barat SMA 1 Solo. Warung gudeg ceker bu Kasno berdiri sejak 1970-an, Cukup dengan 15 ribu, sepiring nasi pulen dipadu gudeng, opor ayam, telur, dan ceker sudah pasti mengobati rasa laparmu ketika jalan jalan di malam hari.


4 Sate Kere Yu Rebi
Sesuai dengan namanya "Kere" dalam istilah orang jawa adalah orang orang tidak mampu, sate yang terbuat dari jeroan sapi ini harganya murah yaitu Rp10.000. Warung sate kere yang paling terkenal di Solo adalah Warung Sate Kere Yu Rebi. Tepatnya, terletak di belakang Stadion Sriwedari Solo dan di Galabo. Buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam.


5. Nasi Liwet Wongso Lemu
Satu lagi ini jika perut anda keroncongan di malam hari kebetulan melewati jalan Teuku Umar - keprabon , singgah saja Warung Nasi Liwet Wongso Lemu. Warung nasi liwet ini memang sudah berdiri sejak tahun 1950 hingga saat ini dikelola oleh cucu dari Bu Wongso Lemu, Ati Tri Wulandari.


Nasi gurih yang dipadu suwiran ayam, telur rebus, sayur labu, dan areh begitu nikmat disantap di tengah hangatnya suasana Solo di malam hari. Setiap harinya warung ini buka dari jam 4 sore hingga jam 1 dini hari. Harganya cukup murah 1 porsi nasi liwet hanya  10 ribu hingga 17 ribu saja tergantung lauknya. Warung ini buka dari jam 4 sore sampai jam 1 dini hari, Tapi yang rame di malam hari.

6. Kupat Tahu "Sari" pak Brewok
Seperti kupat tahu pada umumnya yaitu perpaduan tahu dengan irisan lontong, kalau di jawa barat atau jakarta memakai tahu kuning dan bumbu kacang tetapi kalau di Solo memakai tahu putih yang asli gurih dan bumbu kecap, sepiring tahu kupat Solo terdiri dari ketupat, tahu goreng, mie kuning, kol, dan tauge. Isian tersebut kemudian di guyur air bawang dan kuah kecap serta ditaburi irisan daun seledri dan bawang goreng. Jika menyukai cita rasa pedas, tinggal tambahkan irisan cabe rawit sesuai selera. Dan kalau anda tidak menyukai Mie tidak usah pakai, karena aslinya tidak pakai mie ini hanya piliahan anda saja.


Pedagang tahu kupat di Solo dan sekitarya terbilang banyak, tapi jika anda kebetulan melewati jl Rm Saud singgah saja tahu kupat “SARI” Pak Brewok . Sejak jam 7 pagi hingga jam 5 sore, warung tahu kupat ini siap melayani pembeli yang mampir untuk menikmati cita rasa manis dan gurih dari sepiring tahu kupat khas Solo.

7. Warung Selat Mbak Lies
Selat Solo berasal dari kata Slatjee yang merupakan bahasa Belanda yang berarti Salad, sedangkan Solo adalah nama kota dimana selat tersebut berasal. Seperti salad yang berisi aneka sayuran, Selat Solo pun demikian. Dalam satu porsi Selat Solo berisi potongan kentang, wortel, buncis, telur dan daun selada, serta daging sapi, dilengkapi dengan saus mayones dan disiram dengan kuah.

Sumber : http://www.travelmatekamu.com/

Di Solo sendiri, penjual Selat Solo yang paling terkenal adalah Mbak Lies. Warung Selat Mbak Lies berada di Jl. Serengan Gang II No.42 Solo. Selain menawarkan menu Selat, Warung Selat Mbak Lies juga menawarkan beragam masakan lainnya seperti Gado-gado, Sup Manten, Timlo, dan Tahu Acar. Warung Selat Mbak Lies buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga pukul 17.00 WIB. Namun jika sobat traveler datang sebelum pukul 10.00 atau setelah pukul 17.00 WIB, sobat traveler masih bisa dilayani dengan catatan masakan sudah siap bila pagi hari dan masih ada bila sore hari.

8. Tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer
Masih berhubungan dengan masakan daging kambing, satu lagi Tengkleng murah meriah di kota Solo Tepatnya di sisi utara gapura Pasar Klewer, Bu Edi menjajakan dagangannya sejak jam 2 siang. Namun, hanya dalam hitungan jam, tengkleng sudah pasti habis terjual.


Nah, bagi kamu yang ingin mampir ke warung ini, sebaiknya siap-siap mengantri sejak jam 1 siang. Olahan tulang belulang dan jeroan kambing dengan cita rasa gurih, segar, dan sedikit pedas ini memang sayang untuk dilewatkan.

9. Pecel Ndeso (Nuansa Etnik Khas Solo)
Menu spesial di restoran ini adalah pecel ndeso (desa), nasi merah di padu dengan daun bayam, daun kenikir, daun pepaya, kembang turi, dan jantung pisang dicampur sambel pecel yang terasa manis-pedas. Warung Pecel Solo juga menyediakan beberapa jenis minuman tradisional seperti Temu Lawak, Beras Kencur, Jahe Pandan, dan Kunir Asem Sirih, yang dapat disajikan dingin maupun hangat.


Warung Pecel Solo, atau dikenal juga dengan nama Warung Ndeso Resto, tak hanya menyajikan kuliner tradisional, tapi juga memanjakan pengunjung dengan nuansa etnik khas Solo. Beralamatkan di Jalan Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen Solo, Warung Pecel Solo buka dua kali setiap harinya: pukul 08.00 – 16.00, dan 18.00 – 22.00.

10. Warung Soto Ayam Gading 1
Yang terakhir adalah Soto Gading Dekat Alun-Alun Selatan Keraton Solo, kabarnya Warung soto ini terkenal karena Presiden dan juga Para Petinggi/Pejabat negeri ini sering berkunjung ke warung soto Gading 1 jika mereka berada di Solo, tempatnya sangat sederhana jauh dari kesan mewah. Walaupun warung ini sering dikunjungi oleh Para Petinggi tetapi harga makanan di warung ini cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 8.000,- untuk soto sedangkan untuk lauknya, rata-rata harganya mulai dari Rp 1.000,- (2013)

Sumber : https://adelinatampubolon.wordpress.com

Soto yang biasa di sajikan di Solo rata-rata kuahnya bening karena itu memang ciri khas-nya dan dengan campuran nasi. Rasa kuahnya sedap dan lembut. Dan yang menarik adalah makanan selingan/tambahan yang bervariasi menjadikan soto di tempat ini menjadi tambah menarik. Anda dapat memilih tempe, tahu, empal, sate uritan, brutu, perkedel, sate kerang, galantin, aneka jeroan, dan masih banyak lagi layaknya warung angkringan. terletak di Jl. Brigjen Sudiarto No. 75, Gading, Solo. Lokasi warung soto ini tidak jauh dari alun-alun selatan Keraton Solo, buka pukul pukul 05.30 pagi karena ini cocok untuk menu sarapan sampai pukul 15.30 WIB.

Itulah 10 kuliner di solo yang sementara berhasil saya dapatkan dari berbagai sumber untuk pembaca semua, sebenarnya masih banyak dan cukup terkenal untuk di publikasikan mungkin lain waktu bisa di sambung lagi. Harapan saya jika anda kebetulan melewati kota solo silakan singgah dan nikmati keindahan dan keramahan serta kenikmatan makanan di kita Surakarta (Solo)...

Pengunjung datang dengan pencarian :
wisata kuliner solo, wisata keraton surakarta, keindahan solo, soto solo, pecel ndeso, tengkleng, sate solo, gudek, sate kere, warung selat solo, suasana malam di solo, taman balekambang solo.

Sumber utama : http://www.hipwee.com/
Advertisement
Lewat Kota Solo, Jangan Lupa Kulinernya


Buka Komentar