CARA PRAKTIS MEMBUAT URAP (KULUPAN) PALING ENAK

Olahan Praktis - Bagaimana cara membuat urap daun singkong, bayam, kol, tauge (kecambah), kacang panjang  yang paling enak - Aku yakin pasti anda suka sekali dengan yang namanya urap ini, kalau orang jawa bilang kulup. Masakan ini sangat praktis dan mudah cara memasaknya, yang penting ada pada bumbu sambal kelapan-nya, kalau dedaunan anda boleh mancoba semua daun yang dapat di makan.

Untuk bumbu sambal kelapa yang anda butuhkan hanya cabai, kelapa setengah tua di parut, dan yang terpenting adalah ada aroma daun jeruk purut, sebenarnya tidak ada jeruk purut tidak apa apa tapi anda akan kehilangan sensasi harum, wangi-nya yang khas banget.
cara membuat urap atau Kulup selera nusantara
Daun yang bisa dibikin urap ini bermacam macam, diderah saya yaitu Sragen (solo) biasanya menggunakan irisan daun pepaya, irisan daun mengkudu, daun bayam, daun singkong, daun kenikir. Kemudian pelengkapnya dengan irisan kacang panjag, boncis iris serong, kecambah/tauge keriting bahkan ada juga petai cina (mlanding) muda juga enak dicampurkan. Yang mana saja yang anda dapatkan boleh saja dibikin urap.

Olahan ini cocok untuk derah mana saja karena saya sudah memperharikan dari berbagai derah di Indonesia. Nah.. kakecuali jawa barat daerah Bandung dan sekitarnya saya perhatikan urapnya beda karena saya lihat ada sedikit basah seperti kasih kuah dan ada bumbu sengir sengir di hidung sepertinya ada semacam kencur, hemm...pokoknya ada bedanya.

cara membuat urap atau Kulup selera nusantara yang paling enak
Resep Dan Cara Membuat Urap (Kulup) Sayur Paling Enak Selera Nusantara

Bahan untuk sayuran:
  • Sayur bayam, hilangkan tangkainya.
  • Sayur singkong yang masih muda .
  • Daun lainya yang menurut selera dan keiginan anda
  • Kol yang telah dibuang terlebih dahulu tulang daunnya dan iris dengan ukuran setengah centimeter saja.
  • Tauge 
  • Kacang panjang yang dipotong sesuai dengan selera.
  • Wortel yang juga dipotong menjadi korek api.

Bahan yang diperlukan untuk bumbu sambal urap:
  • Kelapa muda yang telah diparut memanjang.
  • Cabai merah sekitar 3 buah atau sesuai selera. (dan cabai rawit jika ingin pedas)
  • Bawang putih sebanyak 2 siung.
  • Air dari asam jawa.
  • Sekitar 1,5 sendok kencur yang telah dicincang. (Tidak pakai gak apa apa jika tidak suka)
  • Daun dari jeruk purut sebanyak 3 lembar iris kecil kecil
  • Garam.
  • Gula merah sekitar 2 sendok. Silakan uleg bumbu urap ini kecuali ampas kelapa pisahkan yang nanti tinggal dicampurkan saja

cara memasak urap Selera nusantara:
  1. Mula mula Rebuslah beberapa sayuran dengan cara yang terpisah atau berurutan pilih saja mana yang cepat layu di akhirkan, dengan jangka waktu dari perebusan yang jangan terlalu lama karena akan merusak system dari vitamin dan mineral yang terkandung di dalam sayuran tersebut.
  2. Perbedaan merebus tentu saja berada pada tingkat kekerasan dari sayur yang Anda rebus. Jika wortel atau beberapa sayuran lain yang keras maka berikanlah waktu yang lebih lama. Sedangkan untuk sayur tauge Anda juga bisa memberikannya air panas saja agar tidak terlalu matang. Jika semua beres pisahkan dulu tiriskan
  3. Setelah semua siap kita bikin sambal, Anda dapat memulai untuk menghaluskan bahan-bahan semua bumbu yang telah disebutkan untuk mengaduknya bersamaan dengan kelapa muda yang telah diparut sebelumnya. Kalau anda orang jawa tengah biasanya dipadu tempe + teri dan petai cina.
  4. Kemudian setelah semua bahan telah teraduk dengan rata maka Anda dapat segera untuk mengukusnya di tempat yang memungkinkan Anda untuk dapat mengukus kelapa berbumbu tersebut. 
  5. Setelah kurang lebih 15-20 menit, Anda dapat menyajikan sambal urap dengan sayuran kesukaan Anda. jika Anda merasa kurang lengkap, maka Anda juga dapat menemani cara makan Anda dengan kerupuk atau juga ikan asin dan tahu tempe. 

Bigitulah cara membuat urap atau Kulup selera nusantara yang paling enak, saya yakin dengan urap ini selera makan anda akan bertambah dan kenyanglah anda...

Advertisement
CARA PRAKTIS MEMBUAT URAP (KULUPAN) PALING ENAK


Buka Komentar