BACA NIH...!! SEBELUM MEMBUAT RENDANG SAPI AGAR LEBIH LEZAT

Resepcaramasakan.com - Bagaimana sih tips dan cara agar daging rendang benar benar gurih dan lezat? - Sepertinya akan tetap beda jika yang membuat rendang itu bukan orang padang atau wilayah sumatera, misalnya orang sunda pernah saya rasakan dagingnya terlalu empuk dan hancur sepertinya di presto terlalu lama sehingga sensasi makan daging jadi nggak ada, trus rasanay manis banget, trus orang jawa bikin rendang sebaliknya masih agak keras dan rasanya manis, jauh rasanya jika dibandingkan kita beli dipadang.


Lalu apa sih rahasinya bikin rendang agar tetap lezat? padahal sudah sesuai resep yang di dalam buku dan di internet. Setelah kami perhatikan ada beberapa poin penting yang terlewatkan ketika mengawali mau bikin rendang sapi. 

Agar tips ini makin bermanfaat untuk Anda, pastikan untuk selalu menggunakan daging rendang yang berkualitas dan segar, Dibawah ini kami bagikan rahasia bikin rendang agar tetap enak dan lezat..

Tips Memulai Membuat Rendang

1.) Bila Menggunakan Bumbu Halus Siap Pakai, Pastikan Masih Segar

Anda mungkin seringkali memasak rendang dengan menggunakan bumbu halus siap pakai yang dijual di pasar tradisional atau supermarket. Bila Anda menggunakan bumbu halus pakai, pastikan bahwa bumbu tersebut masih segar agar tak mempengaruhi rasa rendang buatan Anda. Selain itu, alangkah baiknya bila Anda mencicipi terlebih dahulu bumbu siap pakai yang sudah ditumis. 

Sebab, biasanya penjual bumbu halus sudah menambahkan garam ke dalam bumbu halus buatannya agar bumbu tersebut bisa lebih awet dan tak cepat basi. Selai itu, Anda jadi tak perlu menambahkan garam atau bumbu lain, kan.

1.) Pastikan Santan yang Gurih dan Kental

Resep rendang daging akan jadi makin lezat bila Anda menggunakan santan segar yang baru diperas ketika hendak memasak. Pilihlah kelapa yang sudah tua agar jumlah santan yang dihasilkan semakin maksimal. Agar santan yang diperoleh semakin banyak dan rasanya gurih, gunakan air panas saat akan menyeduh kelapa. Resep rendang daging bisa dikategorikan sebagai resep masakan yang “boros kelapa”. Untuk ukuran 500 gr rendang daging, setidaknya Anda membutuhkan 2 butir kelapa yang sudah tua.

3. Tips Agar Rendang Tak Mudah Hangus

Proses memasak rendang terbilang sangat memakan waktu dan terkadang bisa membuat Anda jadi tak sabar. Bila Anda lalai saat memasak rendang, bisa saja rendang buatan Anda jadi hangus dan kurang sedap aromanya. 

Nah, untuk menghindari hal ini sebaiknya Anda memasak rendang dengan api yang sedang. Aduk terus rendang Anda hingga kering dan bumbu rendang yang ada di dasar wajan tidak hangus. Bagian bumbu yang hangus di dasar wajan dapat menyebabkan aroma rendang jadi kurang sedap.

4. Bagimana Cara Supaya Daging Tak Mudah Hancur

Rendang yang dimasak sangat lama akan mengering dan mengeluarkan minyak yang sangat lezat. Kadangkala bumbu rendang sudah meresap pada daging, namun kuah belum juga menyusut. Bila Anda memanaskan daging terus menerus, lama-kelamaan tekstur daging jadi sangat lembut dan akhirnya hancur. Untuk menyiasati hal ini, pisahkan daging yang sudah matang dari kuah rendang. Anda bisa memasak kuah rendang hingga menyusut lalu masukkan kembali daging ke dalam kuah rendang.
Baca Juga : Cara memilh bagian daging sapi yang akan dijadiakan bakso yang paling benar
Itulah beberapa tips persiapan sebelum anda ingin memulai membuat rendang agar tetap guri, enak, lezat.

Referensi : http://www.bango.co.id/tips/detail/118/agar-rendang-jadi-makin-lezat
Advertisement
BACA NIH...!! SEBELUM MEMBUAT RENDANG SAPI AGAR LEBIH LEZAT


Buka Komentar