Baca Yuk..!! Tips Menu Sehat Sahur Dan Berbuka Puasa

Tips Menu Sehat Sahur dan Berbuka Puasa - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia, memberikan banyak keistimewaan, banyak keuntungan yang akan diperoleh dalam kehidupan di dunia dan di akherat. Puasa di bulan Ramadhan adalah rukun islam ketiga amalan yang wajib di jalankan oleh umat Islam.

Dalam menjalankan ibadah Puasa, tiap orang pasti menginginkan badan mereka tetap sehat dan bugar tanpa harus mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mempersiapkan Puasa yang sehat, hal terpenting yang diperhatikan adalah mengatur menu saat sahur dan berbuka, agar asupan makanan selama berpuasa tidak terlalu berbeda dengan hari biasanya saat tidak berpuasa.


Walau terjadi perubahan jadwal makan, bukan berarti pasokan bahan makanan juga berubah. Menu makanan tetap mengikuti prinsip seimbang dan beraneka ragam, terdiri dari : 50-60 % karbohidrat, 25% lemak, serta 15% protein, vitamin, mineral sesuai dengan kebutuhan tiap-tiap orang.

Menyusun menu untuk sahur dan dan buka puasa lebih mudah ketimbang menyusun menu makanan sehari-hari. Karena di saat puasa biasanya lebih memilih makanan yang praktis dengan membeli masakan siap saji. Tetapi, kata ibu yang lain, biasanya membeli masakan pada awal puasa saja, setelah itu para ibu tetap saja mesti memasak dan mencari menu yang pas dan lebih menyehatkan. Panduan ini sangat berguna bagi para ibu saat menyusun menu yang sehat untuk sahur dan berbuka puasa.

Menu Sehat Sahur

Porsi makan sahur yang dianjurkan adalah sekitar 1/3 dari kebutuhan kalori perhari, dan tidak terlalu kenyang. Menu sahur biasanya hampir sama dengan menu makan malam. Misalnya, kalo semalam menu masakannya ayam goreng maka sahur pun dengan ayam goreng, ditambah dengan tumisan atau sup, dan pelengkap, atau dapat juga disiapkan masakan baru. Dalam membuat masakan untuk sahur, sebaiknya Anda memperhatikan Tips sebagai berikut :
  • Buat masakan yang menggiurkan dan membangkitkan selera makan, misal : rawon, pindang. 
  • Sajikan masakan selagi masih hangat. 
  • Makanan mudah dan cepat dalam membuatnya, misal : Tumisan sayuran dengan tahu/tempe/ daging. 
  • Sajikan masakan yang berkuah bening, seperti : sayur sup bening, soto, dll. 
  • Pilih sayuran yang beragam warnanya setiap hari supaya Anda memperoleh vitamin lengkap. 
  • Tidak sulit dimakannya. 
  • Tidak menimbulkan rasa haus dengan hindari masakan yang terlalu asin. 
  • Pilih bahan makanan yang dapat menahan rasa kenyang dalam waktu lama, Seperti : telur 
  • Diusahakan menu makanan 4 sehat 5 sempurna. 
  • Sebaiknya untuk sahur tidak memilih makanan kalengan atau yang diawetkan karena banyak mengandung garam yang dapat menimbulkan rasa haus. 
  • Masakan sahur sebaiknya tidak berbumbu tajam dan tidak pedas. 
  • Dianjurkan minum susu 1 gelas dan makan buah buahan segar pada saat sahur. 
Membuat masakan yang baru untuk sahur harus dipersiapkan seawal mungkin, terkadang tidak sempat memasak karena kekurangan waktu, oleh karena itu sebaiknya kita harus menyetok beberapa makanan yang tahan lama atau lauk kering ( semisal : dendeng, kering tempe, sambal goreng kentang kering, rendang kering, dll) sehingga pas sahur kita tidak terlalu kerepotan.

Menu Sehat Berbuka Puasa

Pada saat berbuka puasa, sebaiknya membatalkan puasa dengan air putih dan makanan-makanan ringan berkadar gula cukup tinggi agar gula darah yang turun di kala puasa dapat segera kembali normal. Airpun sangat diperlukan agar tetap bugar. Konsumsi air yang kurang dapat menyebabkan dehidrasi.

 Dalam hal ini makanan seperti kurma atau buah-buahan segar lainnya dapat menjadi pilihan. Pasokan energi dari sumber gula alami berbentuk fruktosa, fruktosa dalam tubuh dapat segera diubah menjadi gula darah. Kesalahan besar yang sering di jalankan orang yaitu begitu berbuka puasa malah dijadikan ajang untuk balas dendam, makan sepuas-puasnya dengan hidangan yang diada-adakan dalam jumlah yang banyak dan beragam.

Tentu tidak dibenarkan karena dapat mengganggu sistem pencernaan yang mendadak harus kerja ekstra. Berilah kesempatan agar organ pencernaan menyesuaikan diri terlebih dahulu.Sebaiknya perut dibiarkan beristirahat sejenak setelah mengonsumsi makanan yang manis-manis.

Makanan kecil yang disajikan sebagai hidangan pembuka puasa lebih sering di sebut dengan takjil. Pilihan takjil sederhana tiga potong kurma atau segelas teh manis. Anda juga bisa memilih menu yang lain atau membuat sendiri seperti : kolak, bubur manis, kue tradisional manis, puding, dll. Setelah shalat maghrib, Anda bisa melanjutkan acara buka puasa dengan makanan lengkap.

Panduan Menu Sehat Berbuka Puasa
  • Mengawali berbuka puasa dengan minum segelas air putih serta 3 buah kurma.
  • Menu masakan diusahakan berdasar 4 sehat 5 sempurna.
  • Hidangan berkuah yang banyak sayurannya sangat baik dikonsumsi.
  • Hindari awal berbuka dengan makanan yang gurih-gurih atau gorengan berlebih karena makanan yang gurih dan aneka gorengan mengandung lemak tinggi sehingga memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna, dan menyebabkan kurang nafsu makan makanan lengkap.
  • Usahakan mengonsumsi buah-buahan segar.
  • Jangan menyajikan kolak dengan isi terlalu beragam, satu dua macam isi kolak sudah cukup supaya kita bisa membuat lebih banyak lagi variasi kolak selama bulan puasa. Sekadar tip praktis, Anda bisa membuat satu dasar kolak untuk tiga kali penyajian. Buat saja kolak pisang, misalnya. Pada sajian lainnya, kolak pisang bisa di tambahkan salah satu bahan seperti kolang kaling/ ubi/ pacar cina/labu kuning.
  • Bubur manis bagus juga untuk di suguhkan untuk berbuka puasa. Pilih bubur manis yang ringan. Seperti : Bubur kacang hijau, bubur jagung, dll
  • Santan juga bisa di stok. Caranya : Rebus 2 liter santan bersama sedikit garam. Bagi dalam beberapa bungkus plastik. Bekukan dalam freezer. Saat di sajikan, tinggal dipanaskan santan bekunya.
  • Sajian manisan buah-buahan atau kolang-kaling bisa disuguhkan sebagai pengantar berbuka.
  • Berbuka puasa jangan langsung minum Es karena dapat mengejutkan lambung yang kosong. Sajian es yang segar. Misalnya : Es buah segar atau buah kaleng, Es jeruk lemon, dll

5 Tips Agar Puasa Tetap Sehat

  1. Berbuka puasa diawali dengan minum segelas air putih dan takjil yang manis-manis 3 buah kurma atau teh manis atau jus. Hindari makanan manis yang keras supaya alat pencernaan tidak langsung dipaksa bekerja keras.
  2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan segar yang beragam warna dan bervariasi setiap harinya supaya suplai vitamin dalam tubuh lengkap, baik untuk suplai cairan, dan sangat baik dalam menjaga daya tahan tubuh.
  3. Konsumsi air minimal 8 gelas sehari.
  4. Jangan berlebihan mengonsumsi makanan manis dan aneka gorengan saat berbuka puasa.
  5. Pada saat Sahur hindari olahan makanan kaleng dan makan masakan yang banyak mengandung garam karena dapat membuat kita mudah haus. Konsumsi makanan yang dapat menahan rasa kenyang dalam waktu lama, Misalnya : Telur.
Demikianlah beberapa tips yang kami persembahkan untuk anda khususnya umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa agar tetap sehat dengan berbagai menu pilihan di bulan Ramadhan.

Kontributor : Oni Hsyatri Pamudini
Advertisement
Baca Yuk..!! Tips Menu Sehat Sahur Dan Berbuka Puasa


Buka Komentar